Visi Misi

Visi

Menjadi Program Studi Unggul Pada Bidang Pendidikan Tinggi Ketekniksipilan di Tingkat Internasional Berbasis Potensi Lokal.

Misi

1. Menyelenggarakan layanan pendidikan yang bermutu secara merata dengan mengikutsertakan segala potensi lokal yang ada di dalam masyarakat

2. Mengembangkan aktivitas penelitian berbasis potensi lokal melalui penerapan teknologi, industri, pertanian, agribisnis, seni dan budaya, ekonomi bisnis dan syariah, sosial politik, hukum, kesehatan, dan lingkungan hidup yang mampu bersaing di tingkat Internasional;

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara merata, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, menuju taraf kehidupan yang lebih baik.;

4. Meningkatkan kapabilitas, akuntabilitas, transparansi, dan otonomi dalam rangka terwujudnya perguruan tinggi yang baik serta mendukung reformasi birokrasi

Tujuan

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan /atau profesional yang tinggi dalam bidang ilmu ketekniksipilan.

2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan bereputasi nasional dan internasional.

3. Menerapkan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

4. Mewujudkan efektivitas tata kelola penyelenggaraan pendidikan sehingga lebih efisien, akuntabel, transparan, dan berkeadilan.

Sasaran dan Strategi Pencapain

1. Meningkatnya kualitas lulusan yang mempunyai daya saing dalam dunia kerja dan dapat menjadi agen perubahan (agent of Change) dalam kehidupan bermasyarakat serta mempunyai ikatan emosional yang kuat terhadap almamater.


2. Meningkanya minat para dosen untuk melakukan penelitian yang bernilai saintifik dan aplikatif serta meningkatnya jumlah publikasi ilmiah yang berkualitas..


3. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat baik secara individual maupun secara kelembagaan program studi melalui layanan konsultasi, pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat..


4. Meningkatnya kualitas pelayanan kepada Civitas akademika melalui tatakelola yang baik (good departement governance) termasuk kepada masyarakat dalam memberikan keterbukaan informasi publik


5. Meningkatnya kuantitas kerjasama substantif dan memperluas jaringan (net working) dalam fasilitasi lususan menuju dunia kerja


Sasaran strategis


Sasaran strategis dirumuskan berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan untuk lima tahun ke depan. Sasaran disusun untuk tiap aspek operasional universitas.


Aspek Pelayanan Pelanggan

1.Meningkatnya kuantitas dan kualitas hasil pendidikan

2.Meningkatnya produktivitas, mutu dan relevansi hasil penelitian yang sesuai dengan perkembangan masyarakat.

3.Meningkatnya partisipasi UNIMAL dalam proses pembangunan masyarakat dan penanganan masalah sosial.

4.Terwujudnya kurikulum pendidikan yang berorientasi dunia kerja.

5.Terwujudnya pengelolaan pendidikan yang bermutu dan efisien.

6.Terwujudnya perintisan program studi bertaraf nasional.

7.Meningkatnya jumlah dan mutu kerja sama baik dalam negeri maupun luar negeri.

Aspek Administrasi

1.Meningkatnya mutu layanan administrasi akademik kemahasiswaan

2.Meningkatnya mutu layanan adminitrasi kepegawaian

3.Terwujudnya akreditasi program studi

4.Bertambahnya jumlah program studi

5.Terwujudnya kurikulum pendidikan yang sesuai dengan standar dunia kerja

Aspek Investasi Sumber Daya Manusia

1.Meningkatnya profesionalisme tenaga pendidik

2.Meningkatnya kinerja pegawai

Aspek Sarana dan Prasarana

1.Terwujudnya fasilitas perkuliahan sesuai standar pelayanan minimal.

2.Terwujudnya fasilitas laboratorium sesuai standar pelayanan minimal.

3.Terwujudnya fasilitas penunjang pendidikan sesuai standar pelayanan minimal.

Strategi pencapaian

Untuk mewujudkan sasaran strategis di atas dan memperhatikan posisi organisasi hasil analisis lingkungan, maka strategi pencapaian dikembangkan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan. Program-program tersebut kemudian dijabarkan lebih lanjut menjadi kegiatan yang akan dilaksanakan setiap tahunnya. Untuk mengukur tingkat keberhasilan program, maka diperlukan parameter/indikator kinerja setiap program. Tahapan strategi pencapaian yaitu :

Tahapan 2014-2015: konsolidasi internal

Tahap ini difokuskan kepada penyiapan sumber daya dan pelaksanaan sistem utama sebagai dasar upaya pencapaian visi dan misi akhir. Indikator utama pada tahap ini ditekankan pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia serta terlaksanya sistem koordinasi internal program studi teknik sipil.

Tahapan 2015-2016: penguatan organisasi dan tata kelola serta iklim dasar pengembangan program

Tahap ini difokuskan kepada pelaksanaan sistem yang menjadi dasar upaya tercapainya kemandirian dan hubungan kerjasama baik internal maupun kerjasama yang melibatkan institusi lain. Indikator utama difokuskan kepada terlaksananya sistem tata kelola dan organisasi serta terciptaya iklim akademik, riset dan organisasi yang sehat.

Tahapan 2016-2018: tahap pengakuan dan kemanfaatan bagi masyarakat

Pada tahap ini akan difokuskan kepada produk-produk akhir sesuai dengan visi institusi. Indikator utama difokuskan pada tingkat pengakuan akan kualitas lulusan dan kemandirian institusi melalui peningkatan pendapatan sendiri.

Untuk mewujudkan sasaran strategis di atas dan memperhatikan posisi organisasi hasil analisis lingkungan, maka strategi dikembangkan melalui 3 buah kebijakan, 10 program. Program-program tersebut kemudian dijabarkan lebih lanjut menjadi kegiatan yang akan dilaksanakan setiap tahunnya. Untuk mengukur tingkat keberhasilan program, maka diperlukan parameter/ indikator kinerja setiap program. Rician kebijakan dan program dapat diuraikan dibawah ini :

Kebijakan pembenahan internal manajemen Institusi.
Kebijakan ini dicapai dengan program : Meningkatkan profesionalisme staf dalam pengelolaan

Kebijakan peningkatan pelayanan akademik yang berorientasi pelanggan

Kebijakan ini dicapai dengan program :

a. Memperbaiki Kinerja Akademik Mahasiswa

b. Pengembangan Kurikulum

c. Meningkatkan komunikasi antara staf-mahasiswa dan suasana kerja

d. Meningkatkan Kualitas Belajar-Mengajar

e. Meningkatkan Fungsi Laboratorium dan Bengkel kerja secara komersial

f. Mengembangkan Sistem Penghargaan dan Hukuman

g. Peningkatan Penjaminan Mutu Manajemen Internal

Kebijakan peningkatan pengelolaan pendidikan tinggi yang efektif dan efisien. Kebijakan ini dicapai dengan program :

a. Peningkatan Akreditasi Program Studi

b. Peningkatan Sumber Daya untuk meraih peluang kerjasama dengan lembaga lain

Program-program yang dirumuskan di atas dikembangkan untuk keperluan penyusunan anggaran tahunan
Kelompok Bidang Keahlian
Kepemimpinan

Personalia dan mekanisme tata pamong Program Studi Teknik Sipil fakultas Teknik Unimal terdiri dari :

a. Jurusan/Program Studi

Jurusan Teknik Sipil adalah unsur pelaksana fakultas teknik yang berada dibawah dekan. Jurusan Teknik Sipil dipimpin oleh seorang ketua jurusan yang merupakan tenaga pengajar di jurusan Teknik Sipil dan bertanggung jawab langsung kepada dekan Teknik. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari ketua jurusan dibantu oleh seorang sekretaris jurusan yang dipilih oleh Ketua Jurusan dan harus pula disetujui dalam rapat pleno. Jurusan juga mempunyai mempunyai tugas pokok dan fungsi mengkoordinasikan pelaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu atau teknologi, sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut di atas jurusan mempunyai fungsi:

Ketua Jurusan/ Ka. Prodi

1.Membuat kebijakan yang menyangkut kegiatan operasional di Jurusan,

2.Menyusun rencana kegiatan dan anggaran tahunan jurusan,

3.Melakukan koordinasi dengan pimpinan fakultas dan seluruh staf di jurusan,

4.Melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan tridarma PT bagi jurusannya,

5.Melakukan pengembangan jurusan.

6.Melakukan pengelolaan sumberdaya yang ada di jurusan,

7.Melakukan kontrol internal atas pelaksanaan fungsi jurusan,

8.Melakukan koordinasi dengan sekretaris jurusan untuk kegiatan jurusan

9.Menandatangani DP3 dan surat-surat lainnya yang berkaitan dengan jurusan.

10.Melakukan kerjasama dalam bidang Tridharma PT dengan pihak lain.

Sekretaris Jurusan
Untuk menyelenggarakan tugas sekretaris jurusan mempunyai fungsi:

1.Membuat jabaran operasional kebijakan yang dibuat ketua jurusan dan sosialisasinya,

2.Menyiapkan secara rinci dan mengimplementasikan rencana kegiatan dan anggaran tahunan jurusan,

3.Membantu ketua jurusan dalam melakukan koordinasi dengan pimpinan fakultas dan seluruh staf di jurusan dan mensosialisasikan hasil koordinasi kepada staf,

4.Membantu ketua jurusan dalam melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan Tridarma PT bagi jurusannya.

5.Membantu ketua jurusan dalam melakukan pengembangan jurusan.

6.Membantu ketua jurusan dalam melakukan pengendalian internal pelaksanaan fungsi jurusan.

7.Membantu ketua jurusan dalam melakukan pengelolaan sumberdaya yang ada di jurusan.

Melakukan koordinasi dengan ketua jurusan untuk kegiatan jurusan

Kepala Laboratorium

Untuk menyelenggarakan tugas kepala laboratorium mempunyai fungsi:

1.Melaksanakan kegiatan administratif di Laboratorium jurusan;

2.Merencanakan dan mengadakan alat dan bahan untuk kegiatan praktikum dan penelitian,

3.Menginventarisasikan, merawat, menjadwalkan penggunaan peralatan laboratorium,

4.Membantu program tridarma yang terkait dengan laboratorium.

5.Mengkoordinasikan kegiatan praktikum mahasiswa bersama-sama dengan dosen pembimbing praktikum;

6.Mengkoordinasikan keamanan, keselamatan, kebersihan peralatan laboratorium dengan di bantu oleh staf teknisi laboratorium

7.Menyusun jadwal praktikum bersama-sama dengan dosen pembimbing praktikum;

8.Menyusun basis data peralatan laboratorium

9.Mengevaluasi hasil praktikum mahasiswa

-->